Breaking News
cara mengatasi error komputer

Komputer Error Yang Sering Terjadi Dan Cara Memperbaiki

cara mengatasi komputer error-Ada banyak masalah yang dapat dihadapi komputer dan kita sering bingung ketika masalah ini ada di komputer kita. Sering kali, membawanya ke layanan komputer akan memperbaiki masalah, tetapi kita harus membayar biaya. Tetapi jika kita dapat dengan mudah menyelesaikannya sendiri, mengapa tidak!

Untuk kesalahan komputer ini, 90% disebabkan oleh masalah perangkat lunak dan 10% disebabkan oleh masalah perangkat keras. Kali ini kami akan mengulas kesalahan komputer yang paling umum dan cara memperbaikinya. Dengan cara ini, Anda dapat menganalisis kesalahan komputer Anda tanpa bantuan ahli.

Pembaruan Windows

Apa pun masalah mengatasi komputer error yang Anda alami, seringkali dapat diselesaikan dengan pembaruan Windows. Ya, ini terdengar sangat sederhana, tetapi itu benar. Windows memiliki begitu banyak bug dan masalah sehingga Microsoft secara teratur merilis pembaruan dan tambalan setiap bulan.

Baca juga: [Terlengkap] Update Harga Laptop MSI Gaming 2021!

Dengan memperbarui Windows, Anda telah menghapus ratusan atau bahkan ribuan penyebab masalah pada komputer Anda.

Cek komputer

Berbagai masalah seringkali disebabkan oleh infeksi virus dan malware. Jadi, perbarui antivirus Anda dengan database terbaru dan lakukan pemindaian penuh untuk memastikan tidak ada virus dan malware yang menginfeksi komputer Anda.

1: Komputer terasa lambat

Ini adalah masalah paling umum yang dihadapi pengguna komputer. Komputer tiba-tiba lambat memuat, perangkat lunak lambat dibuka, dll. Dalam hal ini, periksa untuk melihat apakah ruang hard disk Anda terlalu penuh. Bersihkan harddisk dari file-file yang sudah tidak diperlukan lagi agar komputer bisa “bernafas” dengan lebih mudah.

Juga, gunakan fitur pembersihan disk bawaan Windows untuk menghapus file sampah yang tidak berguna.

Coba juga periksa peluncur di bawah Jalankan -> msconfig -> Mulai dan nonaktifkan program yang tidak perlu dari menu peluncur. Terlalu banyak program yang dimuat saat startup sering kali membuat komputer Anda terasa lamban.

2: Unduhan tampaknya lambat

Jika Anda menemukan bahwa proses pengunduhan atau situs web lambat untuk dibuka, periksa program yang berjalan di latar belakang dan menggunakan koneksi internet. Pembaruan Windows, Pembaruan Antivirus, Sinkronisasi Klien Email, dll. terkadang memperlambat proses pengunduhan. Tunggu hingga proses selesai dan kecepatan internet Anda kembali normal.

Uji kecepatan internet Anda dengan SpeedTest.net. Jika kecepatan internet tidak sesuai dengan paket yang Anda gunakan dan internet lambat, coba restart modem atau rooting. Matikan sebentar dan, jika perlu, cabut dari sumber listrik. Mulai ulang setelah beberapa menit dan lihat apakah koneksi internet Anda kembali normal.

Terkadang unduhan yang lambat bukan disebabkan oleh komputer, tetapi oleh ISP Anda. Jadi, pertama-tama, lihat akun dukungan ISP Anda jika ada pengguna lain yang mengeluhkannya. Spidey, misalnya, memiliki akun Twitter di mana kita sering mengetahui apakah Spidey sedang mengalami masalah.

Jika Anda merasa internet lambat tidak normal dan terputus-putus, pastikan router, modem, dan kabel jaringan Anda berfungsi normal. Masalah internet terkadang disebabkan oleh kegagalan router dan modem.

3: Komputer akan restart terus menerus

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Windows sudah diperbarui. Perbarui antivirus Anda dan pindai komputer Anda secara menyeluruh. Virus dan kesalahan Windows terkadang menyebabkan restart tiba-tiba.

Selain itu mengatasi komputer error, terlalu panas sering menjadi penyebabnya. Bersihkan komputer dari debu, terutama di sekitar ventilasi, dan periksa apakah kipas masih berputar normal. Komputer akan otomatis restart/shutdown jika terlalu panas.

Driver yang bermasalah juga dapat menyebabkan reboot konstan. Download driver terbaru dari situs resminya, mulai dari driver untuk kartu grafis, motherboard, kartu jaringan, dll. Instal driver versi terbaru.

4: Munculan muncul di desktop

Ini disebabkan oleh adware yang diinstal dengan program tertentu. Terkadang, ada beberapa perangkat lunak yang menawarkan solusi seperti PC Speed-up, PC Speed ​​Pro, dan nama serupa. Meskipun beberapa dari program ini dapat bermanfaat, banyak dari mereka yang tidak berguna dan bahkan menyebabkan masalah (adware, dll.).

Untuk melewati adware, pindai komputer Anda dengan antivirus yang Anda gunakan dan MalwareBytes Anti-Malware.

5: masalah WiFi

cara mengatasi error komputer Mungkin Anda sering menjumpai jaringan WiFi yang sering tidak terkoneksi dan bermasalah? Pastikan komputer Anda memiliki sinyal WiFi yang kuat. Juga, pastikan driver kartu WiFi Anda mutakhir. Kemudian gunakan fitur pemecahan masalah dengan mengklik kanan ikon WiFi di baki sistem dan memilih Pemecahan masalah.

Baca juga: How To Grow Watermelon

6: Masalah sertifikat keamanan situs

Seringkali, saat membuka situs web tertentu, ada masalah dengan sertifikat keamanan. Ini biasanya disebabkan oleh jam komputer yang rusak. Atur ulang jam komputer untuk menunjukkan waktu yang benar. Jika jam terus berubah setelah komputer dimatikan, baterai CMOS komputer Anda mungkin telah habis dan perlu diganti.

Juga, bersihkan cache dan cookie browser Anda dengan CCleaner. Ini sering dapat memperbaiki masalah dengan sertifikat keamanan saat menjelajah ke situs web tertentu.

7: Printer tidak mencetak

Pastikan driver printer sudah terbaru, tinta printer masih cukup, dan printer tidak rusak. Coba matikan dan hidupkan kembali printer. Jika perlu, putuskan sambungan printer dari komputer, nyalakan ulang komputer, lalu sambungkan kembali printer ke komputer. Pastikan juga bahwa status printer Anda tidak offline.

8: Lampiran email tidak dapat dibuka

Biasanya, lampiran email tidak dapat dibuka karena Anda tidak memiliki program untuk membukanya. Lihat jenis file terlampir dan instal program yang digunakan untuk membukanya. Misalnya, jika file dalam format PDF, instal pembaca PDF.

9: Sistem rusak / error

Jika sistem operasi komputer Anda rusak atau mengalami kesalahan, file sistem mungkin telah dihapus atau rusak. Siapkan DVD instalasi dan jalankan perbaikan otomatis.

Anda juga dapat membuka prompt perintah dengan Run as administrator dan kemudian jalankan perintah sfc /scannow

Perintah melakukan pemindaian sistem dan mengganti file sistem yang rusak dengan yang baru.

10: USB tidak dikenali

Seringkali ketika Anda menghubungkan flash drive, smartphone atau perangkat lain melalui USB, perangkat tidak dikenali atau “tidak dikenali”. Untuk memperbaikinya, pastikan untuk memperbarui driver yang diinstal di komputer Anda.

Matikan komputer dan cabut kabel daya. Dengan laptop mati, lepaskan baterai dan kabel listrik. Biarkan selama 30 menit dan nyalakan kembali. Ini biasanya memecahkan masalah.

Demikian Bagaimana cara mengatasi error komputer 10 masalah umum komputer. Semoga bermanfaat 😉