Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Cara Terbaik Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air – Mengetahui cara mengatasi air yang masuk ke telinga sangatlah penting. Anak-anak dan orang dewasa sering mengalaminya, terutama saat mandi atau berenang. Perenang sering menderita air di telinga, Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun harus segera ditangani dengan baik.

Jika air di telinga tidak segera diobati, dapat berkembang menjadi infeksi yang dikenal sebagai otitis eksterna. Ketika ada air di saluran telinga, bakteri yang hidup di sana selalu ada dan berkembang biak dan dapat menyebabkan infeksi. Ini dikenal sebagai otitis eksterna.

kata dr. Christopher Thompson, MD, seorang ahli THT di Rumah Sakit Misi Providence di Orange County, California, melaporkan di Halaman Kesehatan.

Baca juga: Cara Membuat Rekening BCA online

Lalu bagaimana cara yang benar untuk mengatasi air yang masuk ke telinga? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Pipa saluran masuk air harus ditangani dengan langkah yang benar.

Jika metodenya salah, itu dapat mencegah kondisi telinga menjadi lebih baik.

Air di telinga biasanya terjadi setelah berenang atau mandi. Telinga akan terasa seperti tersumbat dan suara akan teredam.

Jika iya, ini adalah tanda kecil bahwa air sudah masuk ke telinga, yang tentu saja membuat tidak nyaman.

Berikut beberapa cara mengatasi telinga kemasukan air:

1. Tarik daun telinga dengan lembut

Jika air yang terperangkap di saluran telinga tidak terlalu dalam, Anda dapat mencoba meregangkan daun telinga dengan lembut.

Anda juga bisa menggoyangkan kepala ke kanan dan ke kiri sambil meregangkan daun telinga.

2. Menggunakan bantuan gravitasi

Dengan bantuan gravitasi, kita bisa mengeluarkan air yang terperangkap di telinga. Triknya: Berbaring miring selama beberapa menit. Tempatkan sisi telinga tempat air bisa masuk, lalu tutup dengan handuk untuk menyerap air. Air biasanya keluar dari telinga secara bertahap dengan sendirinya.

3. Gunakan metode setengah vakum

Cara semi-vakum ini dapat dilakukan dengan memiringkan sisi kepala Anda dan kemudian menyatukan kedua tangan Anda untuk membentuk corong kecil.

Kemudian dengan lembut tekan tangan yang diukir ke dalam semacam ruang hampa. Geser maju mundur dengan kecepatan tinggi. Saat Anda meremas, tekan tangan Anda rata, dan saat Anda menarik, ambil seperti saat menyedot debu.

Kemudian miringkan kepala Anda untuk mengeluarkan air dari telinga Anda.

4. Gunakan pengering rambut

Selain mengeringkan rambut, pengering rambut juga bisa digunakan untuk menghilangkan atau bahkan menguapkan air yang terperangkap di liang telinga.

Caranya adalah dengan menyalakan pengering rambut dan mengaturnya ke pengaturan panas terendah. Letakkan pengering rambut pada jarak 30 cm dari telinga Anda. Kemudian kocok bolak-balik sampai air keluar dari telinga Anda.

Baca juga Artikel tentang pertanian,tumbuhan dan hewan di Argarindo.com

5. Gunakan alkohol atau cuka tetes

Tetes alkohol dapat membantu mengeluarkan air yang terperangkap di saluran telinga. Selain itu, alkohol juga dapat membunuh bakteri yang menjadi sumber infeksi. Jika air tersangkut di telinga karena penumpukan serumen, menambahkan cuka dapat membantu menghilangkan kotoran.

Triknya adalah mencampur alkohol dan cuka bersama-sama untuk membuat tetes alternatif. Gunakan botol kecil penetes telinga steril. Kemudian tuangkan campuran alkohol-cuka ke saluran telinga Anda, tiga sampai empat tetes.

Tunggu hingga 30 detik, lalu miringkan kepala untuk mengeluarkan air dari telinga.

6. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah infeksi telinga. Pada saat yang sama, itu juga dapat digunakan untuk mengalirkan air dari saluran telinga.

Caranya adalah dengan menaruh minyak zaitun hangat dalam mangkuk kecil. Kemudian tuangkan ke dalam botol penetes kecil, dan teteskan jumlah yang sesuai ke telinga yang terkena.

Biarkan minyak zaitun meresap ke dalam telinga selama 10 menit. Kemudian miringkan kepala untuk mengeluarkan air yang tercampur dengan minyak zaitun.

7. Tambahkan lebih banyak air

Cara ini sepertinya tidak masuk akal. Namun, bila digunakan dengan benar, ini dapat membantu menghilangkan air yang terperangkap di saluran telinga. Caranya: Miringkan kepala Anda, lalu tambahkan beberapa tetes air ke saluran telinga Anda.

Dalam lima detik, putar kembali kepala Anda dan turunkan sisi kepala yang terkena air. Air yang terperangkap biasanya akan keluar dengan sendirinya.

8. Konsultasikan dengan dokter Anda

Air yang masuk ke telinga harus keluar dengan sendirinya. Namun jika masih ada lebih dari 24 jam di liang telinga, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Selain itu, jangan gunakan benda asing apa pun dan letakkan di telinga Anda untuk mengeluarkan air. Misalnya dengan jari, kapas atau jepit rambut. Hal ini justru berisiko melukai atau memperburuk kondisi telinga.

Selain itu, jika telinga terasa gatal, tidak nyaman, keluarnya cairan yang tidak berbau, Anda harus segera menemui dokter untuk pemeriksaan.