7 Tips Membeli Macbook Bekas

tips membeli macbook bekas – Macbook adalah laptop besutan Apple. Kualitasnya sangat tinggi sehingga harganya masih tinggi dibandingkan dengan laptop merek lain. Namun sebagai alternatif, Anda bisa mendapatkan laptop bermerk Macbook ini dengan membeli yang semi bekas atau bekas. Sebelum Anda membeli MacBook bekas.

Macbook adalah laptop Mancitosh yang sedang populer saat ini dan banyak digunakan di toko-toko laptop. Spesifikasi dan fungsinya sangat lengkap, sehingga memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas.

Membeli Macbook bekas bisa menjadi jawabannya. Namun bagaimana jika kita membeli produk Apple bekas tanpa mengetahui hal-hal penting untuk mengecek kelayakannya? Mungkin kita akan menyesalinya nanti. Agar tidak buta saat membeli Macbook bekas, sebaiknya perhatikan7 tips berikut ini, kan!

Baca juga: Inilah Daftar Harga Macbook Terbaru 2021

1. Pastikan kelayakan baterai dengan melihat jumlah siklus cycle count

Penting untuk memeriksa masa pakai baterai laptop. Bagaimana jika Anda membeli Macbook murah tetapi perlu mengganti baterai yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah? Pada laptop Macbook yang sama, Anda dapat memeriksa kondisi dan ketahanan baterai dengan memeriksa jumlah siklus.

Apple memperkirakan baterai dapat bertahan hingga 1.000 siklus. Semakin sedikit siklus yang dimiliki laptop, semakin baik masa pakai baterai. Untuk memeriksa ini, cukup klik pada logo Apple di sudut kiri atas dan pilih Informasi Sistem. Pilih “Daya” di jendela baru dan temukan jumlah putaran.

2. Pastikan Macbook yang Anda gunakan tidak memiliki Dead Fixel

Berkat ketajaman piksel di Macbook, pelanggan terkadang bahkan tidak mengetahui bahwa ada piksel mati atau cacat layar pada laptop mereka. Faktanya, banyak laptop memiliki dead pixel berupa titik-titik kecil. Tentu saja Anda harus berhati-hati dengan bug ini, bukan? Untuk melihat piksel mati di layar Anda, cukup gunakan gambar dengan latar belakang merah, hijau, biru, atau putih. Jika salah satu piksel rusak, Anda juga akan melihat titik-titik kecil di layar.

3. Periksa semua sisi casing Macbook untuk mengurangi service tidak resmi dari pengguna lama

Hal penting lainnya bagi pengguna Macbook adalah mengecek kondisi laptop untuk kesempurnaannya. Pastikan tidak ada goresan di bagian samping laptop, karena jika ada goresan, harga eceran laptop akan turun drastis. Selanjutnya, periksa semua sekrup laptop. Ini adalah bagian penting karena sekrup yang longgar dapat menjadi tanda bahwa Mac Anda telah diservis oleh toko yang tidak berwenang.

4. Periksa apakah nomor seri Macbook Anda cocok dengan sisa garansi

Nomor seri yang sering diabaikan adalah aspek penting lain dalam mengevaluasi kesesuaian perangkat untuk pembeli potensial. Bandingkan nomor seri di permukaan perangkat dengan nomor di menu Tentang Mac. Pastikan nomor seri yang ditampilkan di sini cocok dengan nomor yang tercetak di permukaan perangkat.

Nomor seri juga merupakan sumber penting untuk melacak informasi servis dan garansi untuk Macbook yang akan Anda beli. Cukup buka checkcoverage.apple.com dan masukkan nomor seri ke kolom input untuk memeriksa informasi garansi di Macbook Anda.

5. Periksa prosesor dan hard disk Macbook yang Anda gunakan

Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur magnified dock. Untuk mengaktifkannya dengan membuka menu System Preferences, Anda bisa memilih Dock. Setelah itu, perlu untuk memeriksa daftar fungsi ekspansi. Jika Anda mengalami penundaan saat mengaktifkan dok yang diperbesar, prosesor Macbook Anda mungkin rusak.

Untuk mengecek status hardisk bisa dilihat dari spesifikasinya. Spesifikasinya berdasarkan kapasitas. Cara lain untuk memeriksanya adalah dengan mencoba mengirim file dari satu folder ke folder lain. Harddisk pasti terkena bad sector jika transfer file terlalu lama atau bisa dibilang lambat.

6. Periksa keyboard, touchpad, kamera, dan suara

Keyboard adalah hal yang sangat penting untuk diperiksa terlebih dahulu sebelum memesan Macbook bekas. Sangat mudah, gunakan aplikasi Tect Edit bawaan Apple untuk memastikan keyboard Anda berfungsi atau tidak. Coba ketikkan setiap tombol keyboard dan pastikan semua keyboard berfungsi dengan benar. Jika Anda menemukan tombol keyboard tidak berfungsi sama sekali, Anda dapat memilih Macbook bekas lainnya.

Seperti halnya keyboard, Anda dapat mencoba touchpad di Macbook bekas. Apakah itu bekerja dengan baik atau tidak sama sekali. Pastikan Anda tidak memiliki masalah, tetapi Anda dapat menggunakan mouse sebagai gantinya.

Selain itu, pastikan kamera Macbook Anda berfungsi dengan baik. Cara termudah untuk memeriksanya adalah dengan membuka Photo Booth di Macbook Anda. Atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi Facetime untuk melihat apakah kamera dalam kondisi baik. Jika fungsi kamera Macbook gagal, pesan “Tidak Ada Kamera Terhubung” akan ditampilkan.

Untuk memastikan audio Macbook Anda jernih dan sempurna, buka Musik di laptop Anda. Setelah membuka musik, dengarkan baik-baik kualitas suaranya. Suara harus jernih dan tidak terputus. Pastikan juga jack headphone berfungsi dengan baik, jangan hanya memeriksa speaker internal.

Memeriksa suara pada Macbook bekas sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Salah satu hal hebat tentang Macbook adalah suaranya yang jernih dan keras.

7. Langkah terakhir adalah Apple Hardware Test (AHT)

Langkah terakhir yang perlu Anda ambil adalah melakukan tes perangkat keras Apple untuk mengidentifikasi masalah dengan motherboard, memori, dan komponen perangkat keras lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah memutuskan semua perangkat eksternal dan mematikan Mac Anda. Kemudian hidupkan kembali dan tahan tombol D setelah Anda mendengar bunyi bip. Kemudian pilih bahasa yang ada dan tekan tombol panah untuk mengikuti tes.

Jika Anda sudah tahu apa yang harus dicari saat membeli Macbook bekas, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa perangkat kerasnya juga. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dengan memori, motherboard, dan komponen perangkat keras lainnya.

Baca juga Artikel tentang Kesehatan di Argarindo.com

Membeli barang elektronik bekas adalah solusi tepat untuk membantu Anda membelanjakan uang dengan lebih efisien. Seseorang membeli laptop seperti Macbook, namun ada 7 tips yang harus diperhatikan sebelum membeli MacBook bekas. Anda bisa mendapatkan laptop berkualitas dengan harga yang lebih murah jika Anda pandai memilih laptop Apple dan memeriksa kegunaannya, meskipun dalam kondisi bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button