Cara Membuat Laptop Tidak Lemot

cara membuat laptop tidak lemot – Saat bekerja dari rumah seperti sekarang ini, kasus laptop lemot memang kerap mengganggu. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mencegah laptop Anda menjadi lambat lagi. Penyebab laptop lemot juga bermacam-macam. Dari banyak program terbuka dan sistem operasi yang ketinggalan zaman hingga RAM yang tidak mencukupi.

Untuk melakukan ini, saya akan memberi tahu Anda beberapa alasan umum atau penyebab paling umum dari kinerja laptop yang lambat, dan tentu saja, dengan tips untuk memperbaikinya.

Bagi pengguna laptop Windows, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi laptop lemot yang sering menghadang.

Baca juga: Cara Membuat Rekening BCA online

1. Virus yang menginfeksi laptop Anda

Saya yakin virus yang ada di laptop bisa menurunkan kinerja laptop karena ada virus yang hidup di memori saat laptop pertama kali dihidupkan, dan ada juga jenis virus yang sengaja mengisi beban memori, yang akhirnya memperlambat laptop . pertunjukan. Untuk melakukan ini, Anda harus memastikan bahwa perangkat lunak antivirus yang diinstal pada perangkat Anda selalu terbaru, dan jangan lupa untuk memeriksa sistem Anda secara teratur.

Salah satu jenis virus yang sangat mengganggu adalah adware. Saat Anda membuka browser, iklan langsung muncul di mesin telusur atau di halaman beranda, bukan di browser default Anda. Ini menunjukkan bahwa laptop Anda terinfeksi virus adware. Ini karena Anda awalnya menginstal perangkat lunak tanpa memahami atau membacanya. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan program “Penghilang Adware”.

2. Hapus program yang tidak perlu.

Banyaknya program yang diinstal pada laptop juga dapat memperlambat kinerja dari laptop itu sendiri, karena program tersebut juga memakan resource memori laptop kita, akibatnya alokasi memori menjadi tidak optimal. Untuk itu, uninstall program yang tidak perlu, terutama yang berukuran besar seperti yang sudah kadaluarsa dan tidak bisa digunakan lagi.

3. Bersihkan file yang tidak perlu

Ada banyak program tambahan yang dapat membantu kita mengatasi masalah ini, dan CCleaner sangat direkomendasikan. … optimal, dan hasilnya bisa disebut memuaskan.

4. Nonaktifkan program startup.

Masuk Task Manager (Logo Windows + R,ketik msconfig) Kali ini Anda harus pergi ke tab Startup. Anda dapat langsung melihat nama program yang sedang berjalan dengan indikasi status dan efeknya. Klik kolom Startup Impact untuk melihat aplikasi mana yang paling berbahaya di laptop Anda. Kemudian pilih aplikasinya dan klik menu disable di pojok kanan bawah.

5. Tingkatkan hard disk dan RAM Anda.

Untuk mengatasinya, Anda akan membutuhkan investasi modal yang cukup. Bagi yang masih menggunakan harddisk, disarankan untuk memulai dengan masuk ke mode penyimpanan SSD. Tapi, jika laptop Anda tidak mendukung SSD, Anda bisa menambah kapasitas hard disk yang digunakan. Begitu pula dengan RAM, Anda bisa menambah ukuran RAM mulai dari 8 menjadi 16 GB sesuai kebutuhan.

6. Bersihkan bagian dalam laptop.

Banyaknya debu yang menumpuk di dalam laptop juga dapat mempengaruhi kinerja laptop, karena dengan banyaknya debu tersebut maka sirkulasi udara di dalam laptop menjadi terganggu, dan efeknya panas yang dihasilkan oleh laptop tidak dapat hilang. ke luar. benar. Bagian yang perlu dibersihkan, seperti kipas, area sirkulasi udara, dan pelumas termal, dapat ditambahkan ke prosesor. Pemanasan yang berlebihan menurunkan kinerja laptop yang kita gunakan.

Baca juga Artikel Tentang Tanaman,Hewan dll di Argarindo.com

7. Periksa kapasitas hard disk.

Penuhnya kapasitas harddisk, terutama yang kita install sistem operasinya, seperti drive C, akan sangat mempengaruhi kecepatan dari laptop itu sendiri, usahakan untuk memiliki ruang kosong yang cukup di dalamnya. Selain itu, ada banyak masalah terkait hard disk, termasuk hard drive yang terfragmentasi, bad sector di hard drive, dan hard drive usang yang memperlambat kecepatan rotasi. Anda juga dapat meng-upgrade hard drive Anda untuk kinerja maksimal jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button