Apakah Saham Itu Riba

Apakah Saham Itu Riba?
Kebanyakan orang yang mendengar mengenai saham pasti akan bertanya-tanya, apakah saham itu riba? Pertanyaan ini muncul karena adanya perbedaan pendapat antara para ahli tentang saham. Di satu sisi, ada yang berpikir bahwa saham adalah bentuk riba, sedangkan di sisi lain ada yang berpikir bahwa saham tidak termasuk dalam kategori riba. Maka dari itu, mari kita bahas lebih lanjut mengenai saham dan riba.

Apa itu Saham?

Saham adalah salah satu jenis investasi yang berasal dari bentuk modal yang ditanamkan oleh para pemilik saham ke dalam perusahaan. Para pemilik saham tersebut akan mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan oleh perusahaan, serta keuntungan dari capital gain yang diperoleh jika harga saham perusahaan tersebut meningkat.

Apa itu Riba?

Riba adalah sebuah bentuk kegiatan yang melibatkan pembayaran bunga atau keuntungan tambahan dengan cara yang dilarang oleh hukum. Menurut hukum Islam, riba dilarang karena dianggap sebagai bentuk penyalahgunaan kekayaan dan merupakan bentuk praktek yang tidak adil.

Apakah Saham Itu Riba?

Menurut mayoritas ulama, saham tidak termasuk dalam kategori riba. Hal ini karena pemilik saham hanya akan mendapatkan keuntungan dari dividen atau capital gain saja, tanpa adanya bunga atau keuntungan tambahan yang dibayar oleh si pemilik saham kepada si penerbit saham. Oleh karena itu, saham dapat dikategorikan sebagai jenis investasi yang tidak termasuk dalam kategori riba.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa saham tidak termasuk dalam kategori riba. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam saham, ada baiknya jika Anda membaca dan memahami lebih lanjut tentang saham dan riba, agar Anda bisa meminimalkan resiko kerugian yang mungkin terjadi.