Breaking News
cara merawat laptop lemot

Tips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

cara mengatasi laptop lemot-Di masa pandemi seperti saat ini, laptop seolah menjadi komponen penting untuk bisa cepat terhubung dengan rekan kerja, dan penggunaannya bisa dibilang hampir 1 x 24 jam. Hal ini berlaku tidak hanya untuk pekerja, tetapi juga pelajar yang menggunakan laptop nonstop selama pandemi ini.

Tidak jarang komputer laptop yang lebih sering digunakan membuat perangkat elektronik ini tidak cukup kuat untuk membawa beban. Akibatnya, laptop Anda menjadi lamban, dan dengan demikian pekerjaan Anda akan terganggu.

Tidak seperti komputer, laptop tidak sekuat dan keras kepala seperti komputer. Pasalnya, karena desainnya yang sederhana (sekecil mungkin), banyak komponen yang tergabung dalam wadah tertutup, sehingga panas yang dihasilkan sulit untuk dikeluarkan. Mengingat masalah utama elektronik adalah panas, maka laptop tidak sekuat komputer.

Baca juga: Laptop Harga 2Jutaan Murah & Terbaik 2021

Melihat hal ini, tentu Anda kesal bukan? Ingin segera menemukan solusi ampuh cara mengatasi laptop lemot untuk membuat laptop Anda lebih cepat lagi? Ingin tahu cara mencegah laptop Anda menjadi lambat? Inilah rahasianya!

1. Jangan mengoperasikan laptop dalam waktu lama

Padahal, sejak awal, laptop tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang. Karena semua komponen ditutup dengan penutup, panas yang dihasilkan tidak dapat dihilangkan secara optimal. Ini dapat menyebabkan panas berlebih dan pembusukan dengan cepat.

Alangkah baiknya, jika tidak digunakan sebaiknya dimatikan untuk menambah umur laptop. Lebih baik lagi, Anda dapat menambahkan kipas eksternal untuk laptop Anda

2. Jangan meletakkannya di kasur saat menggunakannya

Menggunakan laptop sambil berbaring di tempat tidur memang sangat menyenangkan, karena terus-menerus duduk membuat tubuh sakit.

Namun, aktivitas tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan laptop Anda. Panas laptop akan menempel di kasur dan tidak bisa mengalirkan udara. Jika ini terjadi dalam waktu yang lama, panas akan menjadi tidak terkendali dan akan terjadi overheating.

3. Bersihkan laptop secara teratur

Kotoran yang sering tergelincir pada keyboard dan menumpuk dapat menyebabkan tombol tidak berfungsi. Membersihkannya secara teratur dapat mengurangi hal ini.

Selain itu, Anda juga harus membersihkan bagian dalam laptop dengan cara membongkarnya. Debu atau kotoran yang diserap oleh kipas akan mengendap pada kipas itu sendiri atau pada komponen lainnya. Yang tentunya jika dibiarkan akan membuat kipas tidak mengeluarkan panas.

Jika kita tidak bisa atau tidak mengerti cara membongkar laptop, sebaiknya jangan lakukan ini, agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merusak komponen. Cukup bawa ke penyedia layanan terdekat, untuk ditangani oleh orang yang ahli, meskipun biayanya sedikit. Tapi itu tidak masalah karena itu untuk kebaikan kita sendiri.

4. Jangan main game berat

Game berat juga akan memaksa laptop Anda bekerja lebih keras. Panas yang dihasilkan juga lebih cepat. Tidak seperti komputer, di mana pendinginnya besar dan besar, ia memiliki area yang luas untuk sirkulasi udara.

Di laptop kebalikannya. Jika panas mencapai minimum, akan terjadi overheating, yang tidak baik untuk laptop.

Read more: How To Grow Watermelon

5. Selalu periksa pembaruan OS

Pengembang sistem operasi menyediakan pembaruan untuk memperbaiki kesalahan sebelumnya. Atau mungkin menambahkan fitur baru. Ini akan sangat membantu untuk membuat kinerja laptop Anda lebih bertenaga.

Pastikan untuk selalu memeriksa pembaruan. Tapi biasanya otomatis jika laptop Anda terhubung ke Internet. Tetapi jika Pembaruan Otomatis dinonaktifkan, dapat diaktifkan terlebih dahulu.

6. Instal antivirus yang bagus

Virus yang masuk dapat merusak sistem operasi, bahkan dapat berjalan pada komponen atau perangkat. Ini akan buruk bagi kita.

Tidak hanya menginstalnya, tetapi juga selalu memperbaruinya jika tersedia dari pengembang. Ini bertujuan untuk memperbarui perangkat lunak antivirus Anda jika muncul jenis virus baru.

Jika Anda menggunakan Windows, cukup menggunakan antivirus bawaan yaitu Windows Defender. Antivirus ini cukup bagus, asalkan kita tetap up to date.

7. Jangan browsing dan download sembarangan

Hal ini untuk menghindari website berbahaya atau mendownload file untuk laptop seperti ancaman virus atau hal lainnya. Untuk lebih jelasnya cara mengatasi laptop lemot Hindari download online, terutama aplikasi

8. Selalu periksa suhu

Cara mengatasi laptop lemot dengan cara Pemantauan suhu, bertujuan untuk mencegah laptop dari overheating, mengingat desain laptop yang minimalis. Dengan memantau suhu, kita dapat mengetahui kapan laptop harus beristirahat.

Untuk memantau suhu ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Penggunaan aplikasi: Ada aplikasi yang bisa digunakan, seperti HwMonitor, Open Hardware Monitor, SpeedFan, dan lain-lain. Aplikasi ini akan memberikan informasi detail tentang suhu pada laptop Anda.

NO APLIKASI: Aplikasi cover dapat diimplementasikan langsung dengan membawa tas laptop di tangan. Jika Anda merasa suhu di tangan Anda terlalu tinggi, Anda harus segera beristirahat.

9. Buka aplikasi atau file yang hanya digunakan saat ini.

Salah satu cara praktis agar laptop tidak lemot adalah dengan menutup aplikasi atau file yang sedang tidak digunakan. Karena membuka banyak aplikasi secara bersamaan dapat meningkatkan kinerja RAM laptop Anda, sehingga laptop Anda akan melambat dengan sendirinya.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga harus memperhatikan apakah ada aplikasi yang berjalan secara otomatis saat Anda menyalakan komputer. Ini sering diabaikan oleh banyak orang dan sering mengambil kekuatan laptop mereka.

Untuk pengguna Windows, Anda dapat menutup aplikasi latar belakang dengan masuk ke Windows Task Manager, menekan tombol “Ctrl + Alt + Delete”, memilih Task Manager, memilih program, dan mengklik End task.

Tidak hanya aplikasi di layar laptop, Anda juga harus memperhatikan penggunaan browser. Perlu Anda ketahui bahwa membuka banyak tab browser juga dapat membebani laptop Anda. Jadi, coba buka tab sesuai kebutuhan dan tutup tab yang tidak dapat Anda akses.

Untuk pengguna Ubuntu Linux, Anda dapat keluar dari aplikasi latar belakang melalui desktop grafis, tentu saja, dengan menekan tombol “X” dan memilih opsi “Paksa Keluar”, aplikasi “xkill” akan terbuka secara otomatis. Bagi mereka yang menggunakan Mac OS, Anda dapat memaksa aplikasi untuk menutup dengan menjalankan baris perintah “option + command + esc”, yang dapat memaksa Finder untuk menutup.

10. Meningkatkan kapasitas RAM

Tidak cukup menghapus aplikasi yang tidak perlu dan menginstal antivirus, mengingat beban kerja pada laptop selama pandemi ini sangat tinggi. Jadi, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menambah kapasitas RAM. Selain menambah kapasitas penyimpanan laptop anda, RAM dapat meningkatkan kinerja laptop anda,

Untuk menambah kapasitas RAM sebuah laptop, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah laptop Anda menawarkan slot dual channel atau tidak. Jika Anda menyediakannya, Anda dapat meningkatkan kapasitas dengan RAM dengan lebih mudah, baik dari 2GB menjadi 4GB atau dari 4GB menjadi 8GB, sesuaikan saja dengan kebutuhan laptop Anda. Kemudian tinggal atur ke spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L, atau RAM DDR4).

Sementara itu, jika RAM laptop Anda kelebihan beban, gantilah RAM laptop Anda dengan SSD. Jenis perangkat ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan hard disk. Salah satunya adalah kemampuan membaca data lebih cepat dan kapasitas penyimpanan lebih kecil dari HDD (hard disk).

Jika Anda baru mengenal RAM, cobalah untuk tidak menambah kapasitas RAM Anda dengan cepat. Karena selain membuang uang Anda dengan sia-sia, hal ini juga dapat merusak laptop Anda. Oleh karena itu, konsultasikan dengan service center yang direkomendasikan oleh perusahaan pembuat laptop Anda.

Demikian cara mengatasi laptop lemot.